Aplikasi teknologi telekomunikasi dalam men-servis keseharian dan industri kita telah mengalami perkembangan yang dramatis sejak awal per-telekomunikasi-an seabad lalu. Jaringan wired dan wireless menjadi keseharian kita untuk: pengiriman suara (telfon), gambar, video, musik, data dan secara umum multimedia. Internet adalah manifestasi dari semua ini, dengan kelebihannya, yaitu open untuk semua orang, siapa pun bisa berkontribusi dan siapapun bisa mengambil kontribusi itu.

Tesla di tahun 1908 (bukan 1980 loh), jadi 100 tahun yang lalu, cerita di sebuah artikel: ” Suatu waktu nanti akan dimungkinkan seorang businesman di New York untuk memberikan instruksi, yang secara langsung muncul dalam bentuk tulisan di kantornya di London. Dia bisa menelefon dari meja kantornya dengan semua orang di seluruh dunia…. Sebuah alat yang mungil sebesar jam tangan yang bisa ditenteng olehnya dia bisa dengannya berkomunikasi di darat atau di laut, bisa mengirimkan musik, pidato politik dsb, yang dikirimkan dari tempat lain yang jauh darinya. Juga gambar, tulisan bisa dikirim dari satu tempat ke tempat lain”

Dahsyat…Tesla ngomong di tahun 1908 tentang internet wireless….(di tahun itu kita baru bilang satu bangsa satu bahasa dsb…yang sampe sekarang gak beres-beres)..

Sedikit kuliah antenna neeeh: Perkembangan Dasar Wireless

Sejarah wireless bermula dari experiment Oersted (arus listrik menimbulkan medan magnet), Faraday bilang medan magnet yang berubah dengan waktu akan menghasilkan tegangan induksi (medan listrik), dan medan listrik akan kembali menghasilkan medan magnet. Maxwell merangkum semua itu dan memprediksikan adanya gelombang elektromagnet yang bisa jalan2 di udara (di tahun 1864 Maxwell dianggap bisa masuk RS Grogol).., baru tahun 1888, Hertz, shohib gue di Jerman, membuktikan secara nyata adanya gelombang itu (jarak pemancar-penerima 1 meter…smile)…dunia Fisika tersentak..tenyata si orgil yang 9 tahun lalu mati itu adalah a damn genious guy.

Tahun 1901 baru deh Mr. Marconi menunjukkan prospek wireless comm, ketika berhasil mengirimkan berita secara wireless dari Inggris ke Amerika…. 2200 miles (berapa ya dalam km??).

Wireless terus berkembang sampai sekarang, ada HP, ada TV dsb.

 Sejarah Internet

Awalnya persaingan harga diri US dan Soviet tahun 1958 Presiden Amrik waktu itu mendirikan ARPA semacam lembaga yang menangani riset tingkat tinggi.. semua berjalan antara gagal dan berhasil..

Tahun 1969 empat komputer secara sukses dihubungkan (ARPAnet)……(lihat tuh berapa tahun ilmuan Amrik mencoba–gagal—coba–gagal lagi–coba lagi…gagal..cape deeeh  11 tahun baru dapet 4 nodes.. coba kita..baru 1 hari, udah ngambek, gak mau riset lage.)

Saya potong historynya… tahun 1983 TCP/IP jadi standard. 1989 WWW diperkenalkan…(gue kenal ini kebetulan di Hannover/di cip pool Welfengarten tahun 1990..gak telat2 banget kan, he..he..)

1994 netscape di-rilis….(meteor jatoh..masih ada gak yaah yang make netscape sekarang??)

1996: di USA lebih banyak email dikirim dibanding jalur pos biasa (kita belum lama ketinggalan loh..)

1999: napster muncul…tapi 2001 musti berenti.

2005: google earth muncul…jumlah internet host ada 1 milyar

2007: google rilis Android…

VISI AKAN MASA DEPAN yang FLEXIBLE

Nomadic computing…kita jadi gak terikat lagi ama tempat… kalo dosen, ka jurusan, dekan bahkan rektor dan ketua yayasan ajak rapat, kita bisa masih di rumah… kan asik. Dokter juga bisa mendiagnosa bahkan men-treat pasien dari jauh

 Smart spaces dan smart networks..alat yang cerdas dan terhubung ke internet… alat elektronik yang menempel di tangan kita, di pinggang , leher, di jari seperti cincin, di kacamata…di rumah kita ditembok, di lampu, kaca, di rice cooker, TV dsb.. ruangan mampu secara intelegen kalo kita ada menyambut kita, bahkan menawarkan servisnya…mao minum..atau mao nyalahin TV..wah… gak perlu pembantu lage nee

Convergence….handphone, mp3 player, pda, camera, notebook..mau kita nenteng semua….wah keren banget..duit banyak yah…, tapi kayaknya lebih cool, kalo kita punya alat sebesar HP, tapi bisa itu semua.., apa lagi bertenaga surya…kereeen abis.

Saran Saya to everybody…..specially for young generation…:

Jangan putus asa dalam bekerja… berkarya lah berkreasilah…we get it…

Lengkapnya di paper berikut terbitan IEEE February 2008 (baru loh): 

kleinrock Prof. Ilmu Komputer di University of California at Los Angeles (UCLA)

Comments on: "HISTORY OF THE INTERNET AND ITS FLEXIBLE FUTURE" (2)

  1. hazmi fitriyasa said:

    pak, kaau boleh jujur… gaya bahasa bapak di tulisan lebih segar dan menarik daripada gaya bahasa bapak di depan kelas… hehehhe maaf ya pak….

  2. Luar Biasa pak, cantik sekali ukiran kalimatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: