Ilmu Komputer Makin Populis

Wawancara dengan wartawan Republika di selah-selah European Higher Education Symposium di Shangri La Hotel, 31 Oktober 2008, the interview was done via handphone.

Terbit di Republika 3 November 2008

http://www.republika.co.id/koran/0/11576.html

TIngginya kebutuhan sumber daya berkompetensi teknologi informasi dan komunikasi, menjadikan program studi ICT diminati banyak orang.

Ilmu Komputer merupakan salah satu ilmu primadona saat ini. Selain didorong oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) yang sangat cepat, respon masyarakat terhadap program studi ini cukup tinggi. Pihak perguruan tinggi pun terus mencari cara untuk meningkatkan Ilmu Komputer. Baik dari sisi jumlah mahasiswa maupun kualitas pendidikan Ilmu Komputer.

Seperti yang terjadi di Universitas Mercubuana (UMB) Jakarta. Dekan Fakultas Ilmu Komputer UMB, Dr ing Mudrik Alaydrus mengatakan, Ilmu Komputer UMB mengalami perkembangan yang cukup pesat. ”Jumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMB tahun ini mengalami peningkatan dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ujar Mudrik.

Sebelumnya, kata Mudrik, program studi di UMB yang terkait dengan Ilmu Komputer tidak berdiri sendiri. Melainkan berada di bawah Fakultas Teknologi Industri. Baru pada awal 2008, didirikan Fakultas Ilmu Komputer dengan program studi Teknik Informatika dan Sistem Informatika. Mudrik mengklaim, penggabungan program studi tersebut turut menentukan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mengambil Ilmu Komputer. ”Dengan penggabungan ini, masyarakat melihat keseriusan kami untuk memajukan Ilmu Komputer,” tambah Mudrik.

Tidak hanya melakukan penggabungan program studi yang terkait dengan ilmu komputer, UMB juga melakukan upaya dalam hal metode belajar. Kini, ujar Mudrik, UMB menerapkan dua metode belajar. Yaitu metode belajar konvensional dan menggunakan e-learning. Metode belajar konvensional tidak jauh berbeda dari proses belajar mengajar yang selama ini digunakan. Yaitu ada proses tatap muka antara pengajar dan mahasiswa di kelas.

dst…

dst

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: