Bandpass filter dengan microstrip konvensional telah dirancang dengan berbagai macam teknik, seperti end coupled, edge coupled, hairpin, dsb. Untuk memperkecil dimensi filter yang dihasilkan, struktur bawah microstrip diganggu (sehingga menghasilkan metamaterials).

Di TA ini mahasiswa bertugas untuk menganalisa efek dari berbagai macam gangguan terhadap performansi filter yang dihasilkan.

Sifat TA : simulasi dengan software yang ada + membuat filter dan pengukurannya.

Comments on: "Bandpass filter based on Metamaterials" (5)

  1. Assalamu’alaikum. Pa, saya mahasiswi D3 teknik telekomunikasi. Saya tertarik dengan judul di atas, juga dengan yang berjudul Analisa Rancang BPF untuk 3.4 GHz. Saya mohon penjelasan lebih lanjut mengenai judul di atas. Sedangkan untuk yang berjudul Analisa Rancang BPF untuk 3.4 GHz, apakah sudah ada yang merangcangnya? maksud saya tidak sekedar menganalisa.. metode apa yang telah digunakan?
    Mohon bantuannya pa, terima kasih, jazzakallahu khairan katsiran…

  2. mudrikalaydrus said:

    wa alaikum salam,
    Yang membuat sudah ada, tapi bisa terus dimodifikasi
    Bandpass filter bisa dibuat dengan teknik:
    coupled line
    hairpin
    dsb.

    Sedangkan kombinasi metamaterial bisa membuat ukuran filter menjadi lebih kecil lagi.

  3. mohon maaf pa, saya mohon penjelasannya lagi. Berapakah pita frekuensi wimax 3.4 GHz? apakah 3.3 – 3.4 GHz?

  4. revalddy said:

    assalammulaikum…
    kebeneran saya mau mengambil topik metamaterial…yang saya mau tanyakan..mengapa dengan ada nya metamaterial dapat membuat ukuran antena/filter menjadi lebih kecil dari yang biasa?

    mohon bantuannya pak…terimakasih banyak sebelumnya

  5. salam. untuk hairpin filter boleh buat metamaterial juga x?

Leave a Reply

Tag Cloud

